Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Friday, 3 June 2016

Kamus Sosiologi, La-

La-
La loi de participation: Lihat Hukum partisipasi

Labelling: Pemberian nama atau konotasi buruk, misalnya si pemabuk, si pembolos, si perokok, sehingga meskipun ia tidak lagi melakukan penyimpangan tetap diberi gelar sebutan pelaku menyimpang.

Labuhan: Upacara yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta untuk menyembah Nyi Roro Kidul dengan cara memberikan sesaji dan melarungnya di Laut Selatan.

Lampiran: Bagian dalam laporan penelitian sosiologi yang memuat hal-hal yang dirasakan perlu untuk diikutsertakan dalam laporan hasil penelitian seperti surat-surat izin, tabel-tabel, grafik-grafik, format instrumen, dan unsur lain yang dirasa perlu untuk menunjang hasil penelitian yang disampaikan.

Lamut (Banjar): Sebuah tradisi berkisah yang berisi cerita tentang pesan dan nilai-nilai keagamaan, sosial dan budaya Banjar. Lamut merupakan seni cerita bertutut, seperti wayang atau cianjuran dimainkan dengan seperangkat gamelan dan kecapi, sedangkan lamut dibawakan dengan terbang, alat tabuh untuk seni hadrah.

Lapisan sosial: Lihat stratifikasi sosial.

Laporan penelitian: Laporan yang berfungsi sebagai mediator agar hasil penelitian dapat diterima oleh mereka yang berkepentingan dengan hasil sebuah penelitian, maka laporan penelitian harus dibuat secara jelas dan komunikatif. Isi laporan penelitian adalah jawaban terhadap beberapa pertanyaan tentang: 1. Apa yang menjadi masalah dalam penelitian. 2. Apa tujuan dan manfaat yang dapat dipetik dari penelitian. 3. Teori-teori apa yang melandasi kegiatan penelitian tersebut. 4. Bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan. 5. Apa saja hasil penelitian yang diperoleh. 6. Apa makna dan implikasi hasil penelitian tersebut. Jawaban terhadap beberapa pertanyaan tersebut disusun secara sistematis sehingga mudah dibaca dan mudah dipahami.

Laras bahasa (bahasa Inggris: register): Ragam bahasa yang digunakan untuk suatu tujuan atau pada konteks sosial tertentu. Banyak sekali laras bahasa yang dapat diidentifikasi tanpa batasan yang jelas di antara mereka. Definisi dan kategorisasi laras bahasa pun berbeda antara para ahli linguistik. Salah satu model pembagian laras bahasa yang paling terkemuka diajukan oleh Joos (1961) yang membagi lima laras bahasa menurut derajat keformalannya, yaitu, 1. Ragam beku (frozen). 2. Ragam resmi (formal). 3. Ragam konsultatif (consultative). 4. Ragam santai (casual). 5. Ragam akrab (intimate).

Larungan: Salah satu upacara yang diselenggarakan di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta setiap tanggal 1 Sura.

Latar belakang masalah: Bagian penelitian yang berisi tentang fakta-fakta yang ada di dalam masyarakat yang mendukung permasalahan penelitian. Di dalam latar belakang masalah juga harus diuraikan mengenai alasan yang mendasari dipilihnya suatu masalah tertentu untuk diteliti. Latar belakang masalah sebenarnya hanya merupakan pengantar dari seorang peneliti guna menuju pada sasaran yang dituju, yaitu perumusan masalah. Latar belakang permasalahan ada baiknya tidak terlalu panjang, sebab ada kekhawatiran justru akan menambah tidak jelas dalam merumuskan permasalahan.

Latent: Terpendam, tersembunyi. Lihat fungsi laten.

Latent social problem: Hal-hal yang berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat, akan tetapi tidak diakui demikian.

Lawless crowds: Kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum.

Laws: Lihat hukum (laws).

Lihat Juga
Kamus Sosiologi, Le-, Klik di sini
Kamus Sosiologi, Li-, Lo-, Lu-, Klik di sini




Sumber Kutipan Murni,
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.

0 komentar

Post a Comment