Jasa Pembuatan Web Sekolah/umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.3000.000-5000.000

Jasa Pembuatan Blog Pembelajaran/Umum Go Design [klik untuk model]

Harga Rp.500.000-600.000

Perbaikan dan Instalasi PC/Laptop Klik Untuk Rincian Harga

Harga Instalasi Rp.95.000 Win+Ofice. Perbaikan Rp.65.000

Sunday, 26 June 2016

Kamus Sosiologi, Ra-,

Ra-
Rabab Pariaman: Tradisi pertunjukkan lisan dari Sumatera Barat. Penyampaian cerita dipersembahkan dalam bentuk nyanyian oleh tukang rabab, yang selalu laki-laki. Tukang rabab semuanya pribumi Pariaman. Tukang rabab duduk bersila, rabab dipegang berdiri di depannya, lehernya dijepit kendur antara jempol kiri dan jari-jari lain agar ia juga dapat memetik senarnya, dan penggeseknya di tangan kanan. Pertunjukkan biasanya diadakan di malam hari setelah salat Isya dan berakhir tak lama sebelum salat subuh. Panggung dapat berupa tempat berkumpul yang mana saja dengan suasana tradisional, di dalam atau di luar, misalnya warung kopi (lapau), pesta perkawinan, perayaan nagari, dan pesta-pesta untuk merayakan pengangkatan seorang penghulu baru (pemimpin satuan matrilineal).

Radikal: 1. Secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip). 2. Amat keras menuntut perubahan (undang-undang, pemerintahan). 3. Maju dalam berpikir dan bertindak.

Radio: Alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai pembawa pesan yang dipancarkan melalui udara dengan kecepatan mirip kecepatan cahaya. Proses penyampaian pesan memerlukan dua sarana utama, yakni sebuah pengirim pesan yang lazim disebut pemancar radio dan sebuah penerima di sebut penerima radio.

Ragam akrab (intimate): Laras bahasa yang digunakan di antara orang yang memiliki hubungan yang sangat akrab dan intim. Lihat juga laras bahasa.

Ragam bahasa: Varian dari sebuah bahasa menurut pemakaian. Berbeda dengan dialek yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai. Variasi tersebut bisa berbentuk dialek, aksen, laras, gaya, atau berbagai variasi sosiolinguistik lain, termasuk variasi bahasa baku itu sendiri. Variasi disingkat leksikon, seperti slang dan argot, sering dianggap terkait dengan gaya atau tingkat formalitas tertentu, meskipun penggunaannya kadang juga dianggap sebagai suatu variasi atau ragam tersendiri.

Ragam beku (frozen): Laras bahasa yang digunakan pada situasi hikmat dan sangat sedikit memungkinkan keleluasaan seperti pada kitab suci, putusan pengadilan, dan upacara pernikahan. Lihat juga laras bahasa.

Ragam dialek: Ragam yang berkaitan dengan daerah pemakai bahasa.

Ragam konsultatif (consultative): Laras bahasa yang digunakan dalam pembicaraan yang terpusat pada transaksi atau pertukaran informasi seperti dalam percakapan di sekolah dan di pasar. Lihat juga laras bahasa.

Ragam resmi (formal): Laras bahasa yang digunakan dalam komunikasi resmi seperti pada pidato resmi, rapat resmi, dan jurnal ilmiah. Lihat juga laras bahasa.

Ragam santai (casual): Laras bahasa yang digunakan dalam suasana tidak resmi dan dapat digunakan oleh orang yang belum tentu saling kenal dengan akrab. Lihat juga laras bahasa.

Ramayana: Sebuah cerita epos dari India yang digubah oleh Walmiki (valmiki) atau Balmiki. Ramayana terdapat pula dalam khazanah sastra Jawa dalam bentuk kakawin Ramayan, dan gubahan-gubahannya dalam bahasa Jawa Baru yang tidak semua berdasarkan kakawin ini.

Rampang (Bugis-Makassar): Perumpamaan, kias, atau analogi. Sebagai bagian dari panngadereng, rampang menjaga kepastian dan kesinambungan suatu keputusan hakim tak tertulis masa lampau sampai sekarang dan membuat analogi hukum kasus yang dihadapi dengan keputusan di masa lampau. Rampang juga berupa perumpamaan-perumpamaan tingkah-laku ideal dalam berbagai bidang kehidupan, baik kekerabatan, politik, maupun pemerintahan.

Rancangan penelitian: Strategi logis suatu penelitian yang memuat suatu rancangan yang harus dikembangkan untuk menjawab suatu pertanyaan (problematika), atau menguji suatu hipotesis, atau untuk menjabarkan suatu situasi. Rancangan penelitian itu sebagai pemilihan perangkat metode tertentu yang dijadikan pedoman bagi peneliti dalam melaksanakan kegiatan penelitiannya.

Random: Secara acak.

Random sampling (sampel acak): Lihat simpel random sampling.

Range: Panjang interval yang memperlihatkan batas bawah dan batas atas nilai pengamatan.

Ras: Pengelompokan manusia berdasarkan warna kulit dan fisik tubuh tertentu yang diturunkan secara turun-temurun.

Ras kaukasoid: Lihat kaukasoid.

Ras khusus: Ras yang ditemukan pada daerah tertentu yang secara ciri fisik berbeda dengan penduduk lainnya. Ras ini dahulu pernah berimigrasi dari daerah lain. Contohnya: Suku Vedoid di Sulawesi, Suku Dravida di India, Suku Bushman di Afrika Selatan, dan Suku Ainu di Jepang.

Ras Mongoloid: Lihat Mongoloid.

Ras Negroid: Lihat Negroid.

Rasa: Bagian jiwa manusia yang bersifat abstrak yang merupakan pusat dari segala macam pertimbangan keras-lemah, baik-buruk, indah-tidak indah, dan lain sebagainya.

Rasial: Lihat konflik rasial.

Rasional: Tindakan sosial yang dilakukan dengan sadar dan mengarah ke orang lain untuk tujuan tertentu.

Rasionalisme: Bentuk pengagungan terhadap rasio manusia.

Rasisme: Suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

Raskin: Beras miskin. Sebuah program bantuan pangan bersyarat diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia berupa penjualan beras di bawah harga pasar kepada penerima tertentu.

Ras-ras khusus: Lihat ras khusus.

Rating scale: Lihat skala pengukuran.

Lihat Juga.
Kamus Sosiologi, Rea-, Reb-, Rec-, Red-, Ref-, Reg-, Klik di sini
Kamus Sosiologi, Rei-, Rek-, Rel-, Ren-, Reo-, Rep-, Klik di sini

Kamus Sosiologi, Res-, Ret-, Rev-, Ri-, Ro-, Ru-, Klik di sini



Sumber Kutipan Murni,
Haryanta, Agung Tri dan Eko Sujatmiko. 2012. Kamus Sosiologi. Aksara Sinergi Media. Surakarta.

0 komentar

Post a Comment